Sambang Puskesmas Pedan dengan Tema “BUGAR BERSAMA JAMU, SMART DENGAN TABLET TAMBAH DARAH”

Kamis, 27 Februari 2020 , Bupati Klaten ibu Hj. Sri Mulyani melaksanakan kegiatan Sambang Puskesmas yang  bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dan Forkominda. Acara dengan tema “BUGAR BERSAMA JAMU, SMART DENGAN TABLET TAMBAH DARAH” bertempat di Gedung Marsudi Utomo, Kedungan, Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten

Tujuan dari diselenggerakan acara Sambang Puskesmas ini adalah menggerakkan  seluruh  elemen  masyarakat untuk melestarikan  budaya Minum Jamu, sebagai upaya preventif dan promotif untuk tetap bugar dan sehat  (Fresh And Health) dan meningkatkan  pengetahuan, keterampilan dan komitmen  para remaja di Kabupaten Klaten  untuk  menecegah anemia  secara  terpadu dengan minum SMART tablet (tablet tambah darah secara rutin seminggu sekali). Bentuk kegiatan acara Sambang Puskesmas ini adalah Kampanye SMART (Semangat Mencegah Anemia Remaja Terpadu) dan Dialog Interaktif  Kestrad,  Bugar  dengan Jamu.

Peserta acara Sambang Puskesmas adalah
Kepala Puskesmas Pedan,
3 (tiga) orang Kader Kestrad  setiap desa,
1 (satu) orang pengelola kestrad,
40 (empat puluh) Remaja dan 10 (sepuluh) pendamping. Pendamping terdiri dari unsur pemegang program : Gizi, KIA, KRR, Lansia dan Perugas Promkes, pendamping sekolah,
3 (tiga) orang MUSPIKA
1 (satu) orang Tim Penggerak PKK Kecamatan
1 (satu) orang Kepala Desa.

Acara dimulai dengan samvutan Bupati Klaten, Ibu Hj. Sri Mulyani. Beliau menyampaikan harapan besar terhadap seluruh puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Sambutan dilanjutkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Dr. Cahyono Widodo, M.Kes untuk melanjutkan upaya-upaya kesehatan yang telah berjalan baik dan meningkatkan pelayanan kesehatan lainnya yang masih belum memuaskan. Setelah itu, acara diselingi dengan penampilan dari remaja-remaja Puskesmas Cawas 1 yang memberikan suguhan berupa tari Reakzi Aksi Bergizi.
Pada kesempatan ini Bupati Klaten juga berkenan menyerahkan bantuan kepada elemen-elemen masyarakat, di antaranya kepada penerima bantuan JKN KIS, alat – alat kesehatan, posbindu kit, antropometri kit, sanitarian kit, bantuan jamban sehat, bantuan PMT balita dan ibu hamil, dll.

Dengan adanya acara Sambang Puskesmas ini, diharapkan  dapat di wujudkan  dalam kehidupan  sehari-hari oleh masyarakat dan  adik-adik remaja semuanya, dengan terus membudayakan minum jamu dan  membiasakan  minum tablet tambah darah seminggu sekali.

 

 

 

  

 

Leave a Response

Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten

  • Alamat
    Jl. Pemuda Nomor No.313, Mlinjon, Tonggalan, Kec. Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57412
  • Telpon
    (0272) 321572
  • Email
    sekretariat@dinkes.klatenkab.go.id
  • Web
    http://dinkes.klatenkab.go.id
Kontak Kami